Podchaser Logo
Home
Kajian QS al Qolam by Ust Riko

Kajian QS al Qolam by Ust Riko

Released Thursday, 10th September 2020
Good episode? Give it some love!
Kajian QS al Qolam by Ust Riko

Kajian QS al Qolam by Ust Riko

Kajian QS al Qolam by Ust Riko

Kajian QS al Qolam by Ust Riko

Thursday, 10th September 2020
Good episode? Give it some love!
Rate Episode

Akhlak yang agung

“Hai Banu Abdul Mutholib, Banu Fihr, Banu Kaab, bagaimanakah pendapat kamu sekalian jika aku kabarkan bahwa dibelakang gunung itu ada sepasukan kuda musuh yang datang akan membinasakan kamu, apakah kamu percaya dengan yang aku katakan”, ungkap Nabi dalam strategi dakwah yang dijalankan setelah ada perintah andzir. “Ya kami akan percaya”, ungkapan serempak dari kaum tersebut atas gelar 'Al-Amin' yang ada pada diri beliau. Tetapi seruan kedua yang dilontarkan Nabi, “Ketahuilah oleh kamu sekalian, bahwa aku adalah seorang pemberi peringatan kepada kamu tentang akan datangnya siksa oleh Allah”, semua tercengang diam sambil merenung dan sulit untuk percaya. Mengejutkan ketika Abu Lahab berkata, “sungguh celaka kamu sepanjang hari ini, Hanya itukah kamu mengumpulkan kami?”

Begitulah tantangan yang dihadapi Rasulullah dalam dakwahnya. Sangat Ironi dengan gelar Al Amin yang diberikan oleh kaumnya sendiri kepada beliau. Ketika konsep berpikir yang sudah mentradisi dibenturkan dengan kebenaran ayat mereka terheran-heran bahkan dengan sangat jelas tergambar penolakannya. Mereka lupa bahwasanya penolakan yang mereka perbuat tidak lain hanyalah menolak langsung kepada Allah. Meskipun tiap-tiap jiwa pada dasarnya mempunyai kecenderungan pada kebenaran. Wajar saja jika Rasulullah merasakan kebingungan dan kesempitan yang menghinggapi pikiran dan hatinya. Sedangkan bentuk penyerahan dan keputusan terbesarnya untuk diajari oleh Rabbnya telah diambilnya, pembinaan lewat sholat malam telah dilakukannya, hingga pada andzir demi Rabb yang Maha Mulia adalah bentuk dari pada berbuat demi ayat.

Nun, demi Al-Qolam dan apa-apa yang mereka gariskan (1), Tidaklah kamu dengan nikmat Rabb ini kamu menjadi gila (2), dan sesungguhnya bagi kamu benar-benar balasan yang tidak pernah terputus (3), dan sesungguhnya kamu benar-benar diatas akhlak yang agung (4), Maka kelak kamu (Muhammad) akan melihat dan mereka (orang-orang kafir) pun akan melihat (5) siapa yang sebenarnya gila (6), sungguh, Rabb kamu Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dijalannya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang berpetunjuk (7).

Show More
Rate

Join Podchaser to...

  • Rate podcasts and episodes
  • Follow podcasts and creators
  • Create podcast and episode lists
  • & much more

Episode Tags

Do you host or manage this podcast?
Claim and edit this page to your liking.
,

Unlock more with Podchaser Pro

  • Audience Insights
  • Contact Information
  • Demographics
  • Charts
  • Sponsor History
  • and More!
Pro Features